Pengertian dan Perbedaan 32-bit dan 64-bit. Mana Yang Lebih Bagus?

Pengertian dan Perbedaan 32-bit dan 64-bit. Mana Yang Lebih Bagus? | IQ Nesia Zone

IQ Nesia Zone – Apakah kalian masih bertanya-tanya mengenai bit dalam sebuah komputer? Bit (Binary Digit) adalah suatu ukuran satuan terkecil dalam sistem komputasi digital yang hanya terdiri dari angka 0 dan 1. Kedua angka itu sering disebut sebagai bilangan biner.

Dalam sistem komputasi digital, bit digunakan sebagai satuan ukuran kemampuan prosesor dalam memproses data. Prosesor tidak akan memproses data sekaligus. Tetapi data akan mengantri terlebih dahulu dan prosesor akan memproses data sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya.

Apa kaitannya antara bit dengan kemampuan sebuah prosesor komputer?

Asumsikan kita memiliki prosesor 2-bit dan prosesor tersebut kita tugas untuk untuk memproses 10 bit data. Prosesor komputer tidak akan memproses 10 bit data itu sekaligus. Dilihat dari kemampuannya, prosesor hanya mampu memproses 2 bit data dalam satu kali putaran. Jadi, dibutuhkan 5 kali putaran pemprosesan data dengan prosesor tersebut.

Dari sini, mungkin kalian sudah dapat menarik kesimpulan mana yang lebih bagus antara 32-bit dan 64-bit. Tetapi masih ada beberapa hal menarik yang perlu kalian ketahui tentang bit data ini.

Kemampuan Memproses Data

Prosesor berarsitektur 64-bit jauh lebih unggul dibandingkan prosesor yang berarsitektur 32-bit. 32-bit artinya prosesor akan memuat 32 bit data dalam satu kali pemprosesan. Sama halnya dengan 64-bit, prosesor akan memuat 64 bit data dalam satu kali pemprosesan.

Oleh kerena itu, prosesor bertipe 64-bit jauh lebih unggul karena kapasitas dan kemampuannya dalam memproses data jauh lebih besar dibandingkan dengan prosesor 32-bit.

RAM Yang Harus Digunakan

RAM merupakan sahabat sejati prosesor. RAM berguna sebagai penyimpanan dan tempat untuk mengantri data sebelum dan sesudah diproses oleh prosesor.

Perlu kalian ketahui, kapasitas RAM yang dibutuhkan oleh prosesor 32-bit kurang lebih sebesar 3 GB (sekitar 3,2 GB) dan pada prosesor 64-bit memerlukan kapasitas RAM lebih dari 4 GB.

Jika kalian memasang RAM 6 GB dengan prosesor 32 bit, sekitar setengah dari kapasitas RAM terebut tidak akan digunakan. Sebaliknya, jika kalian memasang RAM berkapasitas 2 GB dengan prosesor 64 bit, maka akan sering terjadi penumpukan data di RAM yang bisa mengakibatkan komputer jadi lag.

Basis Sistem Operasi Yang Digunakan

Windows adalah sistem operasi yang paling banyak dipasang di perangkat komputer di dunia. Sejauh ini, sistem operasi Windows memiliki 2 basis yang berbeda yaitu 32-bit dan 64-bit. Bit pada prosesor berbeda dengan bit yang berada pada sistem operasi namun secara konsep hampir sama.

Kalian tidak akan bisa menggunakan sistem operasi berbasis 64-bit jika kalian menggunakan prosesor berarsitektur 32-bit. Tetapi, kalian akan lebih leluasa memilih basis sistem operasi (32-bit atau 64-bit) jika kalian menggunakan prosesor berarsitektur 64-bit. Jadi, sistem operasi 64-bit memiliki banyak keunggulan dibandingkan sistem operasi yang berbasis 32-bit.

Kompatibilitas Software

Konsepnya hampir sama dengan arsitektur prosesor dengan sistem operasi. Sistem operasi 32-bit tidak akan bisa menjalankan software 64-bit. Tetapi, sistem operasi 64-bit lebih leluasa dala menjalankan software 32-bit maupun 64-bit.

Perlu kalian ketahui, sistem operasi 32-bit tidak akan bisa menjalankan software 64-bit meskipun memiliki arsitektur prosesor 64-bit.

Kenapa Diciptakan 32-bit dan 64-bit?

32-bit vs 64-bit
32-bit vs 64-bit

64-bit merupakan hasil pengembangan dari arsitektur prosesor 32-bit. Prosesor berarsitektur 32-bit tidak cocok digunakan dalam perkerjaan berat. Seperti editing video, editing foto, modeling 3D, pembuatan animasi, rendering, dan perkerjaan yang berat lainnya.

Oleh kerena itu, diciptakannya prosesor berarsitektur 64-bit yang bisa menghendle perkerjaan yang berat tersebut.

Apakah masih ada orang yang mau menggunakan arsitektur 32-bit kalau sudah ada arsitektur 64-bit yang memiliki performa yang lebih baik?

Tentu saja masih ada. Secara tidak langsung masih banyak orang yang tidak membutuhkan teknologi arsitektur 64-bit. Biasanya orang tersebut hanya menggunakan komputer untuk perkerjaan yang ringan seperti aplikasi perkantoran atau hanya untuk menonton film.

Apakah teknologi arsitektur 32-bit akan ditinggalkan?

Bisa jadi iya. Sekarang ini kebanyakan perusahaan komputer tidak lagi mengeluarkan produk komputer atau laptop yang memiliki arsitektur 32-bit karena sudah dianggap jadul. Meskipun masih banyak penguna teknologi 32-bit, lambat laun teknologi 64-bit akan 100% menggantikan teknologi sebelumnya.
Copyright © 2020 Iqnesiazone.com
Klik untuk melihat daftar meteri!