5+ Cara Paling Ampuh Mengatasi HP Terkena Air - Gadget Tips

5+ Cara Paling Ampuh Mengatasi HP Terkena Air - Gadget Tips | IQ Nesia Zone

IQ Nesia Zone - Dengan berkembangan teknologi yang pesat, sekarang sudah banyak smartphone yang sudah memiliki kemampuan tahan terhadap air. Namun, bukan berarti tahan terhadap air smartphone tersebut tidak bisa rusak apabila terkena air. Semua itu tergantung benar atau tidaknya kita dalam melakukan penanganan pertama saat ponsel tersebut terkana air.

Nah, disini kami akan berbagi tips mudah dalam mengatasi HP yang terkena air, baik air hujan ataupun air yang lainnya agar HP tidak rusak. Untuk itu, Mari kita simak penjelasannya.

6 Cara Paling Ampuh Mengatasi HP Kena Air Agar Tidak Rusak

Berikut ini adalah cara untuk meminimalisir resiko kerusakan pada HP saat terkena air.

1. Segera Matikan HP dan Keringkan Ponsel

Jika HP kalian tercebur ke dalam air segeralah di ambil, lalu matikan HP tersebut apabila kondisinya masih hidup. Kemudian, Keringkan bagian luar HP tersebut dengan menggunakan handuk bersih. Mematikan ponsel bertujuan untuk menghindari korsleting pada komponen-komponen HP tersebut.

2. Jangan Menggoyang Goyangkan Ponsel

Langkah ini bertujuan untuk menghindari air yang ada di dalam ponsel tidak menyebar kemana-mana. Sehingga kita dapat meminimalisir kerusakan pada komponen HP.

Jika ponsel digoyang-goyangan, kemungkinan air akan masuk ke bagian-bagian yang lebih dalam. Hal itu akan sangat beresiko sekali. Maka dari itu, jangan terlalu sering menggerak-gerakkan ponsel ketika dalam keadaan basah.

3. Copot Semua Komponen Smartphone

Lepas semua komponen yang terpasang pada ponsel tersebut. Seperti Baterai, Kartu SIM, dan Memori Card untuk mengurangi resiko korsleting dan resiko kerusakan di perangkat ponsel tersebut.
Jika baterai ponsel kalian adalah baterai tanam, segeralah buka casing ponsel lalu keringkan bagian sekitar ponsel.

Keringkan komponen tersebut menggunakan handuk kering dan jangan coba-coba mengeringkan bagian dalam ponsel menggunakan pengering rambut. Karena komponen tertentu sangat rentan terhadap udara panas sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen itu.

Apabila air masuk ke area yang lebih dalam dan sulit terjangkau dengan handuk, bisa menggunakan vakum cleaner untuk menyedot air.

4. Rendam Ponsel ke Dalam Beras

Alternatif lain untuk mengeringkan air yang ada di dalam ponsel yaitu dengan merendam ke beras. Masukan semua komponen smartphone yang ada ke dalam beras. Pastikan semua terkubur dan tertutupi beras dengan sempurna tanpa celah sama sekali. Biarkan selama 2 hari dan jangan sampai tergoda untuk menghidupkan apabila belum benar-benar kering.

Karena beras dapat menyerap air dengan baik, jadi langkah ini bisa dibilang efektif untuk mengatasi ponsel yang basah terkena air.

5. Charger Ponsel Hingga Penuh

Apabila sudah direndam ke dalam beras selama 2 hari dan benar-benar sudah kering. Pasang kembali semua komponen pada HP, lalu charger HP tetapi jangan dihidupkan apabila belum penuh.

Cari ini merupakan sebuah testing untuk melihat apakah HP dalam keadaan baik atau tidak setelah terkena air. Jika HP masih menunjukan indikator sedang mengisi di layar monitor, hal itu menunjukan bahwa kondisi HP masih dalam keadaan baik.

6. Bawa ke Tukang Service

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan dan tidak dapat mengatasi kerusakan pada ponsel tersebut, segera pergilah ke tukang service untuk bisa memperbaiki ponsel tersebut. Cara ini merupakan jurus terakhir bila semua cara galal dilakukan atau kerusakan bertambah parah.

Bukan berarti langkah-langkah di atas dapat memperbaiki HP secara keseluruhan tetapi hanya untuk meminimalisir kerusakan. Karena rusak tidaknya HP kalian setelah tercebur ke dalam air tergantung parah atau tidak terkena air.

Jadi bagaimana? Cukup mudah kan mengatasiponsel yang terkena air supaya tidak rusak?
Copyright © 2020 Iqnesiazone.com
Klik untuk melihat daftar meteri!