Tips Menjalankan Adobe Premiere Pro CC dengan RAM 2 GB - 100% Work

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi yang bernama Premiere Pro?
Premiere Pro merupakan salah satu aplikasi multimedia dari keluarga dari Adobe Family yang biasanya disebut dengan nama Adobe Premiere Pro.
Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat populer di kalangan youtubers bahkan para master editing video. Berkat fitur dan kemudahan yang ditawarkan, aplikasi ini banyak dipelajari oleh banyak orang.
Tapi sayang, tidak semua laptop atau komputer mampu mengoperasikan aplikasi ini. Karena, untuk menjalankan aplikasi ini membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang cukup memadai.
Untuk Lebih jelasnya lihat spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi Adobe Premiere Pro CC.
  • Processor: Intel Core2 Duo / AMD Phenom II processor (64-bit only)
  • RAM: 8GB (16 GB Recommended)
  • Display: 1280 x 800
  • Hard Drive Speed: 7.200 RPM
Dari spesifikasi aplikasi di atas, apakah bisa menjalankan Premiere Pro CC dengan kapasitas RAM 2GB?
Kebanyakan orang sering memaksa untuk menjalankan aplikasi Adobe Premiere Pro CC walaupun RAM pada komputer atau laptopnya hanya 2GB saja. Padahal sudah di jelaskan bahwa untuk menjalankan aplikasi ini membutuhkan kapasitas RAM 8 GB bahkan direkomendasikan menggunakan RAM 16GB
Akibatnya, komputer yang digunakan akan mengalami panas yang berlebihan, lelet, hack, sering not responding dan bahkan bisa mati mendadak. Jadi, Premiere Pro CC masih bisa di operasikan dengan RAM 2GB, namun tidak akan membuat nyaman penggunanya.
Lalu apa yang harus saya lakukan untuk menjalankan aplikasi ini dengan RAM 2G dengan lancar?
Sebelum membahas caranya, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu fungsi RAM. Secara umum, fungsi RAM adalah sebagai tempat penyimpanan sementara. Tempat dimana data mengantri untuk di proses olah prosesor dan dalam kondisi tertentu hasil pemprosesan data akan disimpan kembali di RAM untuk pemprosesan data lebih lanjut.
Di dalam dunia editing video, biasanya dibutuhkkan RAM dengan kapasitas yang besar. Hai itu dikarenakan prosesor membutuhkan ruang antrian yang besar untuk menyimpan data-data video yang akan di proses.
Jika kita hanya menggunakan RAM dengan kapasitas kecil, kemungkinan ruang antrian (RAM) akan penuh atau tidak mampu menampung data yang akan di proses. Hal inilah yang mengakibatkan komputer menjadi lemot dan bahkan kalian tidak bisa membuka aplikasi lain pada situasi ini karena penyimpanan RAM sudah penuh.
Jadi, bagaimana carai mengatasinya?
Cara paling efektif adalah menambah kapasitas RAM di komputer atau laptop kalian. Jika cara ini terlalu merepotkan atau memakan dana yang tidaklah murah, ada cara lain yang bisa dibilang cukup efektif. Yaitu dengan mengubah flashdisk menjadi RAM.
Emang bisa? Bagaimana caranya?
Jadi begini. Di permasalahan ini, yang kita butuhkan adalah ruang antrian tambahan untuk data yang akan disimpan sementara atau mengoptimalkan ruang antrian. Jadi kita bisa memanfaatkan flashdisk untuk menjadi ruang antrian tambahan tersebut. Dengan begini, kalian dapat menjalankan dengan lancar aplikasi Adobe Premiere Pro CC bahkan di versi CC 2019 hanya dengan RAM 2GB.
Untuk merubah flashdisk menjadi RAM, kita bisa menggunakan fitur ReadyBoost yang fiturnya telah ada di dalam flashdisk. Untuk itu, silakan simak langkah-langkah di bawah ini.
  1. Siapkan sebuah flashdisk dengan kapasitas minimal 4GB. Usahakan memilih flashdisk dengan kecepatan baca data yang tinggi. Semakin tinggi kecepatannya maka akan semakin bagus.
  2. Colokan USB Flashdisk ke komputer atau laptop kalian.
  3. Masuk ke File Explorer lalu klik kanan pada partisi flashdisk dan selanjutnya pilih Properties.
  4. Selanjutnya, pilih tab ReadyBoost.
  5. Pilih “Use this device” dan atur kapasitas yang ingin digunakan. Setelah itu klik Apply.
Sekarang cobalah kalian rasakan perbedaannya!
"Cara ini tidak dianjurkan bagi yang telah memiliki kapasitas RAM di atas 4GB. Karena RAM tambahan akan mengganggu performa RAM yang asli. Hal tersebut bisa terjadi karena terjadi pembagian tugas antara RAM asli dengan RAM tambahan. Sehingga, RAM asli yang memiliki tidak akan berkerja dengan maksimal."

Bagi kalian pengguna komputer dengan spesifikasi yang rendah namun ingin mancoba bermain dengan Adobe Premiere Pro, saya sarankan kalian untuk menggunakan versi Premiera Pro CC 2015. Versi ini lumayan ringan dijalankan dengan RAM 2GB dan tentu saja dengan mengikuti tips di atas. Kalian bisa mendownload aplikasi Adobe Premiere Pro CC 2015 di sini.

Copyright © 2020 Iqnesiazone.com
Klik untuk melihat daftar meteri!