Sejarah Singkat Berdirinya Android (sistem operasi) - Info Teknologi

Sejarah Singkat Berdirinya Android (sistem operasi) - Info Teknologi | IQ Nesia Zone

Apakah dari kalian ada yang tidak tahu tentang Android? Ya, pasti dari kalian sudah banyak yang mengetahui tentang Android bukan? Android adalah suatu sistem operasi yang dikeluarkan oleh Google yang diperuntukan bagi perangkat layar sentuh (perangkat mobile) seperti telepon pintar dan tablet.

Namun, apakah kalian tahu bahwa awal mulanya sebenarnya Android bukanlah berasal dari Google? Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasannya.

Sejarah Awal Berdirinya Android

Logo Android | IQ Nesia Zone
Android Logo

Sebelum dibeli oleh Google pada tahun 2005, awalnya Android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Android, Inc dengan dukungan finansial dari Google. Android, Inc sendiri berdiri pada Oktober 2003 di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Android, Inc didirikan oleh beberapa orang seperti, Andy Rubin (pendiri Danger), Rich Milner (Pendiri Wildfire Communications, Inc), Chris White (kepala desain dan pemngembangan antarmuka WebTV) dan Nick Sears (mantan VP T-Mobile).

Andy Rubin Salah Satu Pencipta Android | IQ Nesia Zone
Andy Rubin: Salah Satu Pencipta Android

Sebenarnya, tujuan awal pengembangan Android adalah untuk mengembangkan sistem operasi untuk kamera digital. Namun, karena dirasa pasar bagi kamera digital tidak terlalu besar, akhirnya mereka memutuskan untuk mengalihkan pengembangan Android menjadi sistem operasi yang digunakan untuk telepon pintar. Hal tersebut bertujuan untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile (saat itu iPhone Apple belum dirilis).

Google mengakuisisi sepenuhnya Android, Inc pada tanggal 17 Agustus 2005. Dibawah naungan Google, tim yang saat itu masih dipimpin oleh Andy Rubin akhirnya mulai mengembangkan platform perangkat seluler tetapi dengan menggunakan kernel Linux. Beberapa spekulasi tentang niat Google yang ingin memasuki pasar komunikasi seluler terus berhembus dengan kencang hingga bulan Desember 2006.

Pada tanggal 5 November 2007 OHA (Open Handset Alliance) resmi didirikan. OHA sendiri adalah himpunan atau kumpulan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi seperti Google, produsen perangkat lunak (Sony, Samsung dan HTC), produsen chipset (Qualcomm dan Texas Instruments), serta operator nirkabel (Sprint Nextel dan T-Mobile). OHA sendiri didirikan dengan maksud untuk mengembangkan standar terbuka bagi perangkat seluler.

Berdasarkan kesepakan mereka, akhirnya diputuskan bahwa Andoid diresmikan sebagai produk pertamanya dengan menggunakan kernel Linux versi 2.6. Pada tanggal 22 Oktober 2008, telepon seluler komersial pertama dari hasil kerja sama mereka resmi diluncurkan dengan nama HTC Dream.

Pada tanggal 13 Maret 2013, Larry Page mengumumkan bahwa Andy Rubin dipindahkan dari divisi Android untuk mengerjakan proyek-proyek baru yang akan dirilis oleh Google. Andy Rubin digantikan oleh Sundar Pichai yang sebelumnya menjabat sebagai kepala divisi Google Chrome, dialah orang yang mengembangkan Chrome.

Sejak tahun 2008, Android terus melakukan pembaruan untuk meningkatkan kinerja sistem operasi mereka. Setiap versi utama yang dikeluarkan Android selalu menggunakan nama-nama makanan pencuci mulut (dessert). Contohnya seperti, Android versi 4.0 (Kitkat), Android versi 5.0 (Lollipop), Android versi 6.0 (Marsmallow) dan seterusnya. Yang terbaru adalah Android versi 9.0 yang diberi nama (Pie) yang diluncurkan pada tanggal 7 Maret 2018.

Sangat menarik bukan, apabila kita melihat sejarah lahirnya Android?

Jadi, apakah saat ini kalian menggunakan Android sebagai sistem operasi di ponselmu?
Copyright © 2020 Iqnesiazone.com
Klik untuk melihat daftar meteri!