Mengenal Sejarah Berdirinya Google - Sejarah Teknologi

Mengenal Sejarah Berdirinya Google - Sejarah Teknologi | IQ Nesia Zone

Google adalah sebuah perusahaan rasaksa yang bergerak di bidang produk dan jasa yang berkaitan dengan dunia teknologi dan internet. Sekaran ini google telah menjadi sebuah perusahaan nomor satu di dunia yang menawarkan produk-produk teknologinya berupa teknologi pencarian, web analytic, perangkat  keras, perangkat lunak dan periklanan.

Berkenalan Dengan Google

Google merupakan sebuah perusahaan multinasional (memiliki perusahaan di banyak negara) yang bergerak di bidang teknologi digital. Meskipun memiliki banyak kantor perusahaan yang tersebar di berbagai Negara, google memiliki kantor pusat yang terletak di Mountain View, California. Nama kantor tersebut adalah Googleplex.

Googleplex merupakan kantor pusat Google yang berlokasi di Amerika Sekitat atau tepatnya di Mountain View, California. Kantor ini merupakan kampus perusahaan pertama dan terbesar milik Google.

Google sendiri dikenal memiliki etos kerja yang santai. Hal itu dibuktikan dengan cara berkerja karyawannya dan pelayanan yang diberikan kepada karyawan yang berkerja di google. Hal lain juga dibuktikan oleh slogan Google kepada karyawannya, yaitu sebagai berikut.

”Anda dapat menghasilkan uang tanpa melakukan vandal”

“Anda dapat berkerja serius tanpa mengenakan seragam”

“Berkerja seharusnya menantang dan tantangan itu seharusnya menantang”

Sejarah Singkat Awal Mula Berdirinya Google

Ide dari berdirinya Google bermula dari sebuah tugas kuliah 2 orang mahasiswa. Dua orang tersebut ialah Larry Page dan Sergey Brin yang saat itu sedang kuliah di Universitas Standford, California.

2 Mahasiswa Pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin
Sergey Brin dan Larry Page

Pada saat mengerjakan tugas tersebut, Larry Page kemudian mencari sebuah tema yang mendukung pemikirannya tentang teknologi WWW (World Wide Web) dengan mempelajari strukturnya sebagai sebuah grafik yang amat besar. Hasil pikiran tersebut bersumber pada Terry Winograd yang saat itu menjadi pembimbingnya.

Misi 2 pendiri google adalah “Mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh orang banyak.”

Kemudian, pada  tahun 1996, Larry Page dan Sergey Brin berkolaborasi untuk mengembangkan mesin pencari yang pada bernama  BackRub. Pada saat itu BackRub masih dioperasikan menggunakan komputer server di kampus mereka.

Setelah itu, Larry Page kemudian membangun sebuah Web Crawler (tool untuk mengeksplorasi dunia internet) dan algoritma yang bernama Page Rank yang saat ini kita kenal sebagai Google Webmasters dan sekarang ini berubah menjadi Google Search Console.

Pada tahun 1997, Larry dan Sergey  menganti nama  BackRub menjadi Googol. Nama Googol sendiri merupakan istilah pada matematika untuk angka 1 yang diikuti olah 100 angka nol yang menyimbolkan bahwa mesin pencari buatan mereka berfungsi sebagai gudang informasi tak terbatas.

Akan tetapi, investor rupanya  salah mengeja nama Googol menjadi Google dan menuliskan kata Google di dalam cek.  Dan akhirnya Larry dan Sergey menggunakan Google sebagai nama mesin pencarin mereka.

Ternyata nama Google lahir dari ketidak sengajaan.

Pada saat  pertama kali didirikan, desain tampilan halaman utama mesin pencarian Google bisa dibilang sangat amatir. Hal tersebut dikarenakan kedua pendirinya  tidak menguasai HTML. 
Tampilan Halaman Utama Mesin Pencari Google Pertama Kali

Pada tanggal 4 September 1998, mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta. Google tumbuh dengan sangat pesat sejak pertama kali didirikan. Google sendiri telah menghasilkan berbagai macam produk seperti perangkat lunak untuk beraktifitas di dunia internet. Seperti surat internet (Google Mail), maps, blogger, dan yang lainnya.

Tidak hanya itu, Google juga membangun sebuah sistem operasi  yang berjalan di perangkat mobile. Sistem operasi tersebut bernama Android yang sampai sekarang telah menjadi sistem operasi yang populer dan banyak terpasang di kebanyakan perangkat mobile.

Seiring dengan berjalanya waktu, Google semakin berkembang dengan pesat. Bahkan pada tahun 2010, Google telah mengakuisisi lebih dari 1 perusahaan setiap minggunya. Tidak heran jika sekarang ini Google menjadi perusahaan raksasa di dunia dengan 70 kantor yang tersebar di 40 negara.

Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih satu juta komputer server yang tersebar di berbagai negara di dunia. Komputer tersebut diperkirakan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian dan terjadi penambahan data sekitar 24 petabita data dari para penggunanya. Yang mana, Google telah menemukan lebih dari 30 triliun URL di web yang terdaftar pada tahun 2012.
Copyright © 2020 Iqnesiazone.com
Klik untuk melihat daftar meteri!