Semua Fiturnya Gratis: Dari Mana Pendapatan Google Berasal?

Sumber Pendapatan Google | IQ Nesia Zone

Sering timbul pertanyaan dari dalam diri kita sendiri, dari mana pendapatan Google berasal? Bagaimana cara Google mendapatkan uang? Dari manakah sumbernya?

Selama ini Google banyak memberikan layanan gratis kepada penggunanya. Seperti layanan menggunakan mesin pencari, E-Mail, You Tube, Google Drive, Google API dan yang lainnya. Yang mana semua  layanan itu dapat kita akses tanpa dipungut biaya.

Bayangkan jika seluruh orang di dunia menggunakan layanan Google. Berapa banyak jumlah server yang digunakan Google untuk melayani penggunanya? Berapa penyimpanan yang dibutuhkan Google?

Berbicara masalah You Tube, berapa bayak orang yang meng-upload vidionya di data center You Tube per hari? Pasti Google membutuhkan penyimpanan yang super besar untuk untuk menyimpan video-vidio tersebut.

Google selama ini memberikan layanan gratis pada penggunanya dan mampu untuk menyediakan fasilitas yang prima.

Pertanyaan yang sangat membingungkan bukan?

Seperti yang dilansir di liputan6.com, pendapatan dari perusahaan raksasa Google per tahunnya mencapai $100 miliar atau berkisar antara Rp. 1.300+ triliunWow.. Angka yang fantastis bukan?

Hal yang sangat menarik jika kita membahas tentang pendapatan perusahaan Google. Oleh karena itu, di sini kita akan membahas tentang sumber pendapatan perusahaan raksasa Google.

5 Sumber  Pendapatan Google

1. AdWords


Pendapatan Google Dari AdWords
Logo AdWords

Kalian pasti pernah melihat iklan saat mengunjungi suatu website atau menonton video di YouTube?

Iklan merupakan sumber uang bagi Google. Sekitar 40% penghasilan Google berasal dari pasar pengiklanan. Iklan ini bersumber dari orang-orang yang ingin mengiklankan produk atau jasa mereka ke periklanan Google melalui AdWords.

Cara kerja AdWords menghasilkan sebuah uang sangatlah sederhana. AdWords membuka jasa pengiklanan bagi yang ingin mengiklankan produk atau jasa, setelah itu Google akan mendapatkan bayaran dari jasa pengiklanan tersebut.

2. AdSense

Sumber Pendapatan Google dari AdSense
Logo AdSense

Kata AdSense sudah tak asing lagi bagi kalangan publisher dan content creator. Fungsi utama dari AdSense adalah untuk menayangkan iklan di kontennya. Sehingga dapat menghasilkan keuntungan bagi dirinya.

AdSense merupakan jembatan dari jasa pengiklanan Google untuk para publisher. Jadi, iklan yang telah di tampung di AdWords akan dipasang olah pasa publisher di masing-masing kontennya melalui sebuah akun AdSense.  Sebuah iklan biasanya di pasang di website, blog maupun You Tube.

Selain menguntungkan bagi para publisher, fitur ini juga menguntungkan bagi Google. Karena tanpa adanya AdSense, iklan di AdWords tidak akan bisa tersebar lebih luas di dunia maya. Tidak ada iklan yang tampil artinya tidak ada penghasilan.

3. AdMob

Pendapatan Google dari AdMob
Logo AdMob

Prinsip kerja AdMob sama dengan AdSense yaitu menjadi jembatan antara jasa pengiklanan Google dengan kreator. Bedanya, AdMob hanya digunakan untuk platform mobile.

Jika kalian pernah melihat iklan yang tampil di dalam sebuah aplikasi atau di dalam game, itu merupakan contoh iklan dari AdMob. Biasanya para developer aplikasi dan game yang menggunakan jasa pengiklanan AdMob.

Dari sinilah, Google akan membagi penghasilan dengan kreator dari view dan klik iklan tersebut.

4. Freemium

Freemium, Sumber  Pendapatan Google
Upgrade Penyimpanan Google Drive

Freemium merupakan sebuah model bisnis batasan fitur yang ditawarkan olah Google kepada penggunanya. Jadi pengguna harus membayar untuk memaksimalkan fitur dalam jangka waktu yang ditetapka.

Contohnya pada layanan Google Drive. Pengguna hanya diberikan batas penyimpanan sebesar 15GB. Jika pengguna ingin memaksimalkan atau memperbesar peyimpanan di akun Google Drive nya, pengguna harus membayar  untuk memaksimalkannya.

5. Penjualan Perangkat Elektronik

Produk dari Google Untuk Dijual - Google Home
Google Home

Tidak hanya di periklanan, Google juga memiliki bisnis pembuatan produk dan kemudian memasarkanya. Produk yang pernah Google buat meliputi smartphone Google Nexus, smartphone Google Pixel, Google Home, tablet dan laptop Cromebook.

Perlu anda ketahui, Google pernah mendapatkan penghasilan trilyunan rupiah dari hasil penjualan produk tablet dan laptop dengan merek Cromebook.

Nah, jadi itulah beberapa sumber penghasilan perusahaan Google. Mungkin ada beberapa sumber lain dari Google untuk mendapatkan penghasilan. JIka dilihat dari nama Google dan layanannya yang sudah mendunia, wajar jika Google dapat meraih lebih dari 1000 trilyun rupiah dalam satu tahun. 
Copyright © 2020 Iqnesiazone.com
Klik untuk melihat daftar meteri!