Cara Efektif Mengatasi Ponsel Cepat Panas - Tips & Trik

Ponsel yang cepat panas sangatlah mengganggu sekali. Selain dapat mengganggu kenyamanan saat menggunakannya, ponsel yang panas juga dapat memperlambat kinerja ponsel yang mengakibatkan ponsel terasa sangat lemot.
Sebuah ponsel yang terlalu panas atau overheating sangat berdampak bagi umur perangkat keras. Hal tersebut dapat merusak perangkat keras yang ada di dalamnya karena panas yang berlebihan dapat membakar komponen tersebut.
Waduh. Jadi kita harus bagaimana ini?
Sebelum terlambat, kita harus secara rutin menjaga dan merawat ponsel kesayangan kita agar awet dan tidak cepat rusak. Baik dari perangkat lunak, perangkat keras serta faktor dari luar yang dapat menyebabkan ponsel menjadi cepat panas.
Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi dan menghindari overheat pada ponsel.

1. Merawat Baterai dengan Benar

Selain dari CPU, sumber tersebar penyumbang panas pada ponsel adalah dari baterai. Perawatan baterai yang kurang benar akan berdampak pada kesehatan serta umur baterai. Reaksi kimia pada baterai yang sudah tidak sehat dapat menimbulkan panas yang berlebih atau bahkan baterai bisa meledak kapan saja dan menghancurkan ponsel kalian.
Baterai juga dapat mengalami overheat jika dipaksa untuk mengeluarkan daya yang besar. Contohnya jika kalian membuka game atau aplikasi berat yang membutuhkan daya baterai yang besar. Otomatis, reaksi kimia di dalam baterai akan berkerja lebih ekstra dan akan menimbulkan panas yang ekstra juga.
Untuk itu, gunakanlah baterai yang berkualitas serta ori agar dapat mengurangi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Serta jangan menggunakan HP ketika sedang proses pengisian daya. Selain itu, atur juga pola pengisian daya pada baterai dan memilih jenis charge yang sesuai dengan kebutuhan baterai.

2. Instal Aplikasi Seperlunya dan Sesuai dengan Spesifikasi Ponsel

Sering kali kita sebagai pengguna tidak memperhatikan spesifikasi ponselnya saat menginstal suatu aplikasi atau game. Tanpa kita sadari, menginstal banyak aplikasi akan berdampak pada panasnya ponsel. Walaupun sekarang ini kebanyakan ponsel sudah didukung oleh komponen yang berspesifikasi tinggi. Tetapi hal ini akan tetap saja berakibat fatal pada ponsel kita.
Meskipun kita tidak membuka aplikasi tersebut, akan tetapi bakal ada layanan pada aplikasi tersebut yang selalu berjalan di belakang layar. Contohnya seperti aplikasi sosial media, aplikasi berita dan lain sebagainya.
Untuk itu, gunakanlah aplikasi seperlunya sesuai kebutuhan kalian. Dan jangan lupa menghapus aplikasi yang tidak kalian gunakan.

3. Jangan Bermain Game Terlalu Lama

Sering kali kita tidak ingat waktu saat asik bermain game dengan ponsel. Hal ini adalah penyebab utama ponsel kita menjadi cepat panas. Game game yang berat seperti PUBG, COC, AOV dan game lainnya membuat GPU ponsel kalian menjadi berkerja keras.
Untuk itu, kalian cukup bermain game dengan waktu yang ideal. Yaitu 1-2 jam saja. Setalah itu, istirahatkanlah ponselmu agar panasnya berkurang. Hal ini juga akan membuat ponsel kalian menjadi awet dan tahan lama.

4. Menghindari Multitasking

Multitasking dalam penggunaan aplikasi akan berpengaruh pada suhu ponsel. Apalagi jika aplikasi yang dibuka secara bersamaan memerlukan pemprosesan yang besar. Hal ini akan memaksa kinerja ponsel kalian apalagi juga ponsel kalian berspesifikasi rendah.

5. Hindari Susah Sinyal

Apa hubungannya hal ini dengan susah sinyal?
Perlu kalian ketahui, keadaan sinyal seluler ponsel tidak stabil atau susah sinyal, maka sistem ponsel akan secara otomatis melakukan scanning jaringan untuk mendapatkan sinyal. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus, maka akan mengakibatkan memanasnya ponsel.
Cara mengatasi hal ini sangatlah gampang. Kalian cukup mengganti kartu SIM Card kalian yang sinyalnya dapat di tangkap di ponsel kalian. Kalian juga bisa menggunakan Wi-Fi untuk mengurangi beban ponsel kalian.
Jika memang anda tidak menggunakan layanan jaringan seluler, sebaiknya aktifkan mode pesawat saja.

6. Hapus Aplikasi yang Terinfeksi Virus

Virus merupakan perangkat lunak jahat yang sangat berbahaya. Selain dapat mengacak-ngacak dan mencuri data pengguna, virus juga dapat mengendalikan sistem dan mengacaukan sistem yang berjalan di ponsel kalian. Aktivitas virus ini akan memberatkan kinerja ponsel dan membuatnya menjadi lebih panas.
Untuk itu, segera hapus aplikasi yang kalian anggap sebagai virus. Atau bila perlu lakukan reset ulang ponsel kalian untuk membersihkan semua virus.

7. Matikan Ponsel Jika Tidak Digunakan

Ketika ponsel anda mengalami overheat atau panas yang berlebihan, sebaiknya matikan saja ponsel kalian. Hal ini merupakan cara paling efektif untuk dilakukan. Selain dapat mempercepat proses penurunan temperatur pada ponsel, cara ini juga akan mengembalikan performa ponsel seperti semula.
Copyright © 2020 Iqnesiazone.com
Klik untuk melihat daftar meteri!