HP Cepat Panas? Mari Ketahui Apa Penyebabnya

Smartphone yang panas pada saat sedang digunakan adalah hal yang biasa. Tetapi, akan sangat berbahaya jika kita membiarkan saja smartphone yang sering cepat panas. Hal ini akan berdampak pada kinerjanya dan dapat merusak bagian-bagian perangkat tertentu.
"Sebelum melangkah lebih jauh, kita harus tahu terlebih dahulu apa yang sebenarnya menyebabkan sebuah ponsel menjadi panas."

Penyebab HP Menjadi Panas

Pada hukum fisika dasar, panas tercipta kerena adanya suatu gerakan atau gesekan. Yang mana, besarnya panas yang tercipta tergantung dengan cepat dan kuatnya gerakan atau gesekan.
Hal itu dapat dicontohkan dengan kita menggesek-gesekkan kedua telapak tangan kita. Semakin lama dan semakin kencang kita menggesek maka akan terasa semakin panas.
Lalu, apa hubungannya antara smartphone yang memanas?
Jadi begini. Sebuah smartphone tidak akan berkerja tanpa adanya sebuah listrik yang tersimpan di baterai. Ketika kita menyalakan sebuah smartphone, maka muatan listrik dari baterai akan bergerak melewati komponen-komponen penyusun ponsel pintar tersebut.
Dari hasil pergerakan listrik tersebut akan menghasilkan panas pada komponen-komponen yang dilaluinya. Besarnya panas yang dihasilkan juga dipengaruhi juga oleh seberapa cepatnya pergerakan listrik pada komponen tersebut. Dalam ilmu fisika, cepatnya pergerakan listrik disebut Ampare (A).
Komponen pada smartphone yang biasanya cepat memanas yaitu pada prosesor, RAM dan VGA. Karena pada komponen tersebut membutuhkan sumber daya yang lebih besar dari pada komponen yang lainnya. Sehingga jumlah arus listrik yang mengalir ke komponen ponsel pintar tersebut juga besar.
Tidak hanya itu, penyebab panasnya suatu ponsel juga disebabkan karena terjadinya reaksi kimia pada baterai ponsel.

Mengapa Smartphone Menjadi Terlalu Panas?

Saat smartphone kalian menjadi panas dan berpotensi merusak komponen di dalamnya, secara otomatis kecepatan prosesor akan berkurang. Sehingga menjadikan ponsel pintar anda agak terasa lambat. Hal itulah dampak dari overheating.
Jika perangkat kalian sering mengalami panas yang berlebihan, bisa jadi hal itu disebabkan oleh perangkat keras pada smartphone kalian ada yang bermasalah. Hal itu bisa terjadi karena adanya korsleting listrik pada komponen tertentu.
Hal ini juga bisa timbul karena terlalu banyak aktivitas aplikasi yang berjalan di smartphone pintar kalian. Sehingga mendorong perangkat keras untuk berkerja lebih ekstra (terutama pada CPU) yang mengakibatkan panas yang berlebih pada perangkat keras tersebut.
Masalah ini juga timbul karena masalah pada baterai smartphone. Hal ini dikarenakan reaksi kimia yang terjadi di dalam baterai sudah tidak normal lagi. Biasanya hal ini terjadi karena perawatan baterai ponsel yang tidak terjadi atau dipengaruhi olah usia baterai.
Panas yang berlebihan juga dapat timbul dari faktor eksternal. Seperti menaruh ponsel di bawah sinar matahari yang panas atau terlalu dengan dengan benda yang panas.
Walaupun saat ini sebuah smartphone telah memiliki sistem keamanan saat overheating, tetapi akan menjadi masalah besar jika panas yang berlebihan sering terjadi dan panas yang sangat ekstrim. Karena hal itu akan dapat merusak ponsel pintar anda.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Setelah membaca kedua sub pembahasan di atas, pasti kalian dapat menyimpulkan apa yang harus kalian lakukan.
Bagi kalian yang masih bingung tentang bagaimana mengatasi HP yang cepat panas, silakan kunjungi artikel kami selanjutnya tentang cara mengatasi ponsel yang cepat panas.
Copyright © 2020 Iqnesiazone.com
Klik untuk melihat daftar meteri!