Kenapa Jaringan 5G Tak Kunjung Datang ke Indonesia? Inilah Penyebabnya

Mungkin banyak orang sudah menanti-nanti datangnya jaringan 5G ini di Indonesia. Namun, untuk sekarang ini Indonesia masih belum bisa menikmati teknologi jaringan kelima ini dalam waktu dekat. Ada banyak faktor yang mengakibatkan jaringan 5G ini tak kunjung di implementasikan di Indonesia.
Sementara, negara-negara lain sekarang sedang berlomba-lomba dalam mengimplementasikan layanan jaringan 5G ini. Sedangkan, justru di Indonesia masih saja berkutat pada layanan 4G saja.
Menurut Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengimplementasikan jaringan ini di Indonesia sangatlah masih jauh. Pasalnya, mereka menganggap belum tentu banyak orang yang mau mengeluarkan biaya lebih demi penggunaan jaringan 5G.
Rudiantara sebagai perwakilan Kemkominfo mengatakan, “Kami belum melihat 5G berada di depan mata karena dari segi model bisnis untuk konsumen belum ada”
“Segi model bisnis untuk konsumen itu belum ada, yang ada itu untuk bisnis korporasi”. Lanjut Rudiantara.
Dengan masuknya jaringan 5G ini, pemerintah membutuhkan regulasi baru dalam mengimplementasikan layanan ini di Indonesia. Yang pasti regulasi baru tersebut haruslah kuat karena dampak sosial smarthphone 5G lebih kompleks dibandingkan dengan 4G.
“Pembahasaan tentang 5G bukan sekedar perangkat ponsel saja melainkan semua ekosistem pendukung. Sekarang ini ponsel pendukung koneksi 5G sudah banyak dibuat oleh OEM, tapi networknya belum ada”. Kata Shannedy Ong sebagai Country Director Qualcomm.
Adanya 5G, harus didorong dengan frekuensi yang memadai. Namun, mengenai hal itu belum ada pihak regulator yang mau menyiapkan alokasi sejauh ini. Sedangkan, pemerintah masih menunggu standardisasi frekuensi di Konferensi World Radio Communication (WRC).
Sejauh ini sudah ada tiga kandidat pita frekuensi yang ideal untuk digunakan jaringan 5G, yaitu 3,5 GHz, 26 GHz, dan 28 GHz. Sedangkan, di Indonesia tidak semua bisa langsung digunakan, seperti 3,5 GHz yang masih dihuni oleh satelit yang digunakan untuk televisi, perbankan, dan telekomunikasi.
Ini merupakan salah satu penyebab Indonesia tertinggal dengan negara tetangga dalam penerapan jaringan 5G. Menurut informasi dari Qualcomm, negara tetangga seperti Singapura, Vietnam, Thailand, dan Malaysia akan merencanakan jaringan 5G ini pada 2019 dan 2020.
Copyright © 2020 Iqnesiazone.com
Klik untuk melihat daftar meteri!